Selasa, 08 Desember 2015

Masjid Unik Dan Bersejarah di Cirebon

Masjid Unik Dan Bersejarah Di Cirebon

Cirebon sebagai kota wali tentu mempunyai banyak peninggalan yang berkaitan dengan sejarah syiar Islam yang dulu dilakukan oleh para wali.Salah satu peninggalan para wali,ulama dan masyarakat Islam dari zaman dahulu adalah masjid,yang keberadaanya hingga kini masih terus berdiri dan ramai oleh orang yang hendak beribadah atau sekedar mengagumi keindahannya saja.Berikut adalah nama-nama masjid tersebut.

1.Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah salah satu masjid yan sudah berusia ratusan tahun peninggalan wali sanga.Masjid ini terletak di sebelah barat Keraton Kasepuhan Cirebon.Bentuk bangunannya unik dan menarik,dengan bangunan yang sebagian dindingnya menonjolkan bata yang diberi warna merah,kayu-kayu jati yang masih nampak kokoh sebagai penyangga atapnya,dan warna merah yang mendominasi hampir semua bangunannya.

Keunikan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini adalahd tidak mempunyai kubah di atasnya.Selain itu di masjid ini juga dikenal dengan adzan pitu atau adzan yang dikumandangkan oleh tujuh orang.

2.Masjid Merah Panjunan

Masjid kedua yang mempunyai arsitektur unik dan termasuk masjid bersejarah adalah Masjid Merah Panjunan.Masjid ini berada di kawasan Panjunan,tak jauh dari Pasar Kanoman.Keunikan masjid ini adalah terletak pada warna merah yang mendominasi fisik bangunannya.Tak aneh jika masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Merah Panjunan.

3. Masjid Jagabayan

Masjid ini terletak di kawasan Jalan Karanggetas,masih tak jauh dari Pasar Kanoman.Walau sudah tak terlalu nampak ketuaannya karena hampir sama dengan masjid sekarang,masjid yang terbilang kecil ini masih menunjukkan keunikannya dari sisa-sisa tiangnya yang masih utuh dan beberapa ornamen lainnya yang terlihat antik dan kuno.

4.Masjid Keraton Kanoman

Masjid Keraton Kanoman terletak di komplek Keraton Kanoman.Masjid ini terbilang sudah tua dan masih menampakkan keunikan di benerapa bagian bangunannya.

5.Masjid Sunan Gunung Jati

Di kawasan komplek pemakaman Sunan Gunung Jati di Gunung Sembung terdapat juga masjid tua bersejarah,yaitu Masjid Gunung Jati.Letak masjid ini tepat berada di sisi timur pemakaman Sunan Gunung Jati.Hampir tiap hari masjid ini ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai wilayah di Indonesia hingga mancanegara.

6.Masjid Jami Buntet Pesantren

Masjid Jami Buntet Pesantren adalah sebuah masjid yang terdapat di Pesantren Buntet Kecamatan Astana Japura.Masjid jami ini masih tetap nampak cantik dan unik di usianya yang semakin tua.Dari tahun ke tahun tak banyak perubahan dari masjid ini,terutama dari bentuk bangunannya yang terbilang menarik khas bangunan tempo dulu.

7.Masjid Pejaglarahan